4 Rekomendasi Kastil Terbaik di Jepang untuk Pengalaman Wisata Mengesankan

Budaya423 Dilihat

4 Rekomendasi Kastil Terbaik di Jepang – Jepang, negeri Matahari Terbit, terkenal bukan hanya dengan teknologi canggihnya, tetapi juga dengan sejarah panjangnya yang melibatkan berbagai kerajaan dan kekaisaran.

Di balik keramaian perkotaan dan kemajuan modernnya, Jepang menyimpan berbagai peninggalan bersejarah yang luar biasa, salah satunya adalah kastil-kastil megah yang tersebar di seluruh negeri. Tidak hanya sekadar bangunan bersejarah, kastil-kastil ini adalah saksi bisu dari masa lalu yang memukau.

4 Rekomendasi Kastil Terbaik di Jepang

Dalam artikel ini, mari kita berkeliling dan menjelajahi kecantikan serta sejarah di balik beberapa kastil terbaik di Jepang. Dari keindahan arsitektur hingga kekayaan sejarah yang tersimpan di dalam dinding mereka, kastil-kastil ini adalah jendela menuju masa lalu yang mengesankan dan tak terlupakan.

1. Kastil Hirosaki: Kebudayaan dan Keindahan Sakura

Kastil Hirosaki (TripAdvisor)

Kastil Hirosaki (TripAdvisor)

Salah satu kastil yang patut kamu kunjungi adalah Kastil Hirosaki. Terletak di prefektur Aomori, kastil ini berdiri di jantung Jepang. Kastil Hirosaki adalah contoh arsitektur benteng yang memukau, yang selesai dibangun pada tahun 1611. Namun, yang membuatnya benar-benar istimewa adalah keindahan bunga sakura di sekitarnya.

Kastil Hirosaki terkenal karena memiliki lebih dari 2.600 pohon sakura yang tersebar di taman kastilnya. Setiap musim semi, pohon-pohon sakura ini mekar dengan megah, menciptakan pemandangan yang luar biasa indah. Wisatawan dari seluruh dunia datang untuk menyaksikan keajaiban alam ini dan merayakan musim semi dengan piknik di halaman kastil yang dipenuhi bunga.

Tidak hanya keindahan alamnya yang memukau, tetapi Kastil Hirosaki juga memiliki sejarah yang menarik. Dibangun selama masa damai yang berkepanjangan di bawah Keshogunan Tokugawa, kastil ini tidak pernah mengalami pengepungan atau invasi. Oleh karena itu, bangunan ini tetap utuh selama berabad-abad dan menjadi salah satu contoh terbaik arsitektur benteng Jepang.

2. Kastil Shuri-jo Okinawa: Lambang Budaya Ryukyu

Kastil Shuri-jo Okinawa

Kastil Shuri-jo Okinawa

Kastil Shuri-jo di Okinawa adalah lambang dari gaya kastil gusuku dari Kerajaan Ryukyu kuno (nama lama Okinawa). Kastil ini dikelilingi oleh tembok benteng yang kokoh dan dipenuhi dengan benteng kayu berwarna merah tua yang kaya. Desainnya dihiasi dengan gambar naga dan ikonografi Tiongkok yang mencerminkan pengaruh pra-negara-bangsa Okinawa.

Ketika pertama kali dibangun pada abad ke-14, Kastil Shuri-jo adalah pusat kekuasaan di Kerajaan Ryukyu. Selama berabad-abad, kastil ini melayani sebagai pusat diplomasi, pemerintahan, dan spiritualitas. Namun, pada tahun 1879, Jepang menganeksasi kepulauan Okinawa, dan Kastil Shuri-jo mulai ditinggalkan.

Sayangnya, pada tahun 2019, kastil ini hancur dalam kebakaran besar yang tragis. Meskipun begitu, upaya rekonstruksi sedang berlangsung untuk memulihkan bangunan utama. Diharapkan bahwa Kastil Shuri akan kembali bersinar sebagai salah satu warisan budaya yang paling berharga di Jepang.

3. Kastil Himeji: Keabadian “Kastil Bangau Putih”

Kastil Himeji

Kastil Himeji

Kastil Himeji, yang juga dikenal sebagai “Kastil Bangau Putih,” adalah salah satu kastil terindah di Jepang. Kastil ini terletak di Kota Himeji dan memiliki bangunan bertingkat putih mutiara yang menjulang tinggi di atas dataran rendah. Bangunan ini menciptakan pemandangan yang memukau dan megah.

Kastil Himeji pertama kali dibangun pada abad ke-14 dan telah bertahan selama lebih dari 700 tahun. Selama sejarahnya yang panjang, kastil ini selamat dari berbagai bencana, termasuk bom udara pada tahun 1940-an dan Gempa Bumi Besar Hanshin pada tahun 1995. Kastil ini juga menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Jepang.

Namun, keindahan Kastil Himeji tidak hanya terbatas pada arsitektur dan sejarahnya. Kastil ini juga terkenal karena kisah horor Sumur Okiku, yang menjadi inspirasi bagi film “Ringu” dan “The Ring.” Sumur ini diyakini sebagai tempat tinggal hantu pelayan bernama Okiku yang menghantui kastil.

4. Kastil Osaka: Saksi Sejarah Era Sengoku

Kastil Osaka

Kastil Osaka

Kastil Osaka adalah salah satu landmark paling terkenal di Jepang dan memiliki peran penting dalam era Sengoku. Kastil ini memiliki lima lantai dan telah mengalami beberapa renovasi sepanjang sejarahnya. Dibangun di atas fondasi yang kuat, Kastil Osaka memiliki genteng berwarna hijau mint yang mencolok dan perhiasan emas yang memukau.

Di dalam kastil, kamu akan menemukan museum yang merinci sejarah politik wilayah tersebut. Pameran di dalam kastil mencakup berbagai aspek sejarah, termasuk tokoh-tokoh samurai yang pernah tinggal di sana. Puncak pengalaman berkunjung adalah sudut pandang 360 derajat di lantai paling atas, di mana kamu dapat menikmati pemandangan Kota Osaka yang megah.

Jepang adalah negara yang kaya akan sejarah dan kebudayaan yang menakjubkan. Kastil-kastil ini adalah contoh nyata dari keindahan arsitektur dan warisan budaya yang dimiliki Jepang.

Ketika kamu mengunjungi kastil-kastil ini, kamu tidak hanya akan menyaksikan keindahan fisik mereka, tetapi juga akan merasakan kekuatan sejarah yang mengalir di dalam dinding-dinding mereka. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona kastil-kastil terbaik di Jepang yang menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Tinggalkan Balasan