Tiga Festival Terbesar di Jepang yang Sangat Menakjubkan

Budaya98 Dilihat

Ada banyak sekali festival lokal (祭り,matsuri) di Jepang karena hampir setiap kuil merayakannya sendiri. Banyak festival yang dirayakan rutin setiap tahun untuk menghormati dewa, acara musiman dan lain lain.  Di bawah ini terdapat  daftar tiga festival terbesar di jepang yang sangat menakjubkan.

1.Festival Gion (Kyoto)

Festival Gion adalah festival musim panas simbolis yang diadakan setiap bulan Juli di Kyoto. Festival ini memiliki sejarah lebih dari 1.000 tahun dan disukai sebagai salah satu festival tradisional paling populer di Jepang. Berbagai acara berlangsung sepanjang bulan Juli, yang memungkinkan pengunjung menikmati pengalaman berbeda setiap hari. Puncak dari festival ini adalah Yamahoko (山鉾), kendaraan hias raksasa yang dihias dengan indah dengan ornamen tradisional yang menarik sekitar 160.000 orang untuk menyaksikannya melewati jalanan.

2. Festival Kanda (Tokyo)

Diadakan pada pertengahan Mei, Kanda Matsuri adalah salah satu dari tiga festival paling terkenal di Tokyo, bersama dengan Sanno Matsuri dan Fukagawa Matsuri. Versi lengkap festival ini hanya berlangsung pada tahun ganjil, sedangkan “festival bayangan” yang sangat disederhanakan diadakan pada tahun genap tanpa menarik perhatian wisatawan. Festival Kanda terdiri dari berbagai acara yang diadakan selama seminggu penuh, namun aksi utama biasanya terjadi pada akhir pekan yang paling dekat dengan tanggal 15 Mei.

Festival ini dimulai pada Zaman Edo (1603-1867). Ketika shogun Tokugawa mulai memerintah negara dari Edo (sekarang Tokyo), festival ini dirayakan sebagai demonstrasi kemakmuran di bawah rezim baru. Kemudian, Kanda Matsuri dan Sanno Matsuri menjadi dua festival yang diizinkan melewati halaman Kastil Edo. Keduanya awalnya diadakan setiap tahun, namun setelah persaingan antara keduanya semakin ketat, akhirnya diperintahkan untuk diadakan pada tahun bergantian saja.

3. Festival Tenjin (Osaka)

Osaka adalah rumah bagi Festival Tenjin (天神祭) yang berlangsung mulai tanggal 24 Julisampai tanggal 25 setiap tahunnya. Konon festival ini awalnya dimulai pada tahun 951 untuk mengabadikan Sugawara no Michizane , seorang sarjana terkemuka pada Zaman Heian (794-1185) . Lebih dari 1,3 juta orang berduyun-duyun untuk menikmati festival bersejarah yang menawarkan acara mengesankan yang berlangsung di sekitar Kuil Osaka Tenmangu yang didedikasikan untuknya. Yang tidak boleh Anda lewatkan selama festival meriah ini adalah prosesi perahu yang dimulai pukul 6 sore pada tanggal 25 Juli. Sekitar 100 perahu membawa kuil portabel yang indah menyusuri sungai Okawa, yang menciptakan pemandangan menakjubkan serta pertunjukan kembang api yang mengesankan.

Tinggalkan Balasan