Kimi No Na Wa: Review Anime, dan Fakta Menarik

Anime1636 Dilihat

“Kimi No Na Wa” atau “Your Name” adalah sebuah film animasi Jepang yang dirilis pada tahun 2016. Film ini diproduksi oleh CoMix Wave Films dan disutradarai oleh Makoto Shinkai. Film ini menceritakan tentang kisah dua remaja, Taki dan Mitsuha, yang secara misterius dapat bertukar tubuh di antara keduanya meski mereka tidak saling kenal.

Pertama-tama, saya ingin menyoroti kualitas animasi dalam film ini. Animasinya sangat indah dan memukau. Setiap adegan dalam film ini terlihat sangat hidup, detail, dan begitu alami. Efek visualnya juga luar biasa dan memberikan nuansa yang tepat untuk cerita yang sedang diceritakan. Warna dan tata letaknya juga memukau, menjadikan film ini sebagai salah satu film animasi terbaik dalam hal kualitas animasi.

Selain itu, plot ceritanya sangat menarik dan unik. Meskipun tema “bertukar tubuh” mungkin sudah sering digunakan dalam berbagai film dan acara televisi, “Kimi No Na Wa” menghadirkan pendekatan yang segar dan orisinal terhadap tema tersebut. Cerita ini juga berhasil menciptakan banyak momen yang emosional dan menyentuh, membuat penonton terikat dengan karakter dan alur cerita.

Selain animasi dan plot cerita, lagu tema dalam film ini juga patut mendapat pujian. “Zenzenzense” dan “Sparkle” merupakan dua lagu tema yang sangat indah dan pas dengan suasana film. Musik dalam film ini membantu membangun emosi dan nuansa cerita, membuat pengalaman menonton film ini semakin mengesankan.

Secara keseluruhan, “Kimi No Na Wa” adalah sebuah film animasi yang luar biasa dan tidak dapat dilewatkan. Film ini berhasil memadukan kualitas animasi yang luar biasa, plot cerita yang menarik, dan musik tema yang indah menjadi sebuah paket yang sempurna. Jika Anda seorang penggemar film animasi, “Kimi No Na Wa” adalah film yang wajib untuk ditonton.

Alur Cerita

kimi no na wa

Anime Kimi no na wa atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan judul Your Name, adalah sebuah film animasi Jepang yang disutradarai oleh Makoto Shinkai dan diproduksi oleh CoMix Wave Films. Film ini pertama kali dirilis pada tahun 2016 dan menjadi sangat populer di seluruh dunia.

Kimi no na wa adalah cerita tentang dua orang yang hidup di tempat yang berbeda dan tiba-tiba terhubung melalui mimpi. Mereka kemudian berusaha untuk bertemu satu sama lain di dunia nyata, namun terdapat banyak halangan yang harus mereka lewati.

Dalam artikel ini, kita akan membahas alur cerita lengkap dari anime Kimi no na wa, mulai dari awal hingga akhir.

  • Pertemuan Mitsuha dan Taki

Cerita dimulai dengan Mitsuha, seorang gadis SMA yang tinggal di sebuah desa yang terletak di pegunungan. Dia bercita-cita untuk hidup di kota besar seperti Tokyo dan memimpikan hidup yang lebih menarik. Di sisi lain, Taki, seorang siswa SMA yang tinggal di Tokyo, mengalami masalah dengan kehidupannya yang membosankan.

Kemudian, tanpa disadari, Mitsuha dan Taki terhubung melalui mimpi dan mereka dapat merasakan kehidupan satu sama lain.

  • Pertukaran Tubuh

Suatu hari, Mitsuha dan Taki terbangun dalam tubuh satu sama lain. Mereka tidak dapat memahami apa yang terjadi pada awalnya, namun akhirnya mereka mengetahui bahwa mereka sedang mengalami sebuah fenomena aneh yang membuat mereka bertukar tubuh setiap beberapa hari sekali.

  • Penjelasan dari “Ritual Musubi”

Mitsuha dan Taki mulai saling berkomunikasi melalui catatan dan pesan singkat untuk membantu satu sama lain memahami kehidupan masing-masing. Mereka mulai memahami satu sama lain dengan lebih baik dan menjadi teman yang baik.

Namun, suatu ketika Mitsuha memberi tahu Taki tentang sebuah ritual di desanya yang disebut “musubi”. Ritual ini melibatkan persembahan khusus untuk para dewa di kuil desanya agar mampu menjaga kehidupan warga desa. Namun, Mitsuha juga memberi tahu Taki tentang sebuah ramalan kuno yang mengatakan bahwa desa mereka akan dihancurkan oleh meteorit dalam waktu dekat.

Taki merasa khawatir dan mencoba untuk mencegah kejadian tersebut, namun tidak berhasil. Dia kemudian mengetahui bahwa ramalan tersebut memang benar dan bahwa Mitsuha sebenarnya telah meninggal dalam bencana tersebut.

  • Taki Berusaha Mencari Mitsuha

Taki merasa sangat sedih dengan kejadian tersebut dan memutuskan untuk melakukan perjalanan ke desa Mitsuha. Dia berusaha mencari tahu lebih banyak tentang Mitsuha dan kehidupannya.

Setelah melakukan beberapa penyelidikan, Taki akhirnya mengetahui tentang ritual “musubi” dan mencari kuil yang menyimpan air liur Mitsuha yang telah berprementasi menjadi sake.

  • Taki Kembali ke Masa Lalu

Taki merasa sangat putus asa karena tidak dapat bertemu dengan Mitsuha lagi dan berharap bisa melihatnya sekali lagi. Dia kemudian menemukan bahwa dia dapat kembali ke masa lalu dengan bantuan sebuah barang kuno.

Taki kemudian kembali ke waktu sebelum bencana meteorit terjadi dan berusaha untuk mencegah kejadian tersebut dan menyelamatkan Mitsuha.

  • Pertemuan Mitsuha dan Taki di Dunia Nyata

Taki berhasil mencegah bencana tersebut dan kembali ke masa sekarang. Dia kemudian pergi ke desa Mitsuha dan mengetahui bahwa Mitsuha sebenarnya adalah anggota keluarga dari generasi sebelumnya dan hidup pada tahun 2013.

Taki akhirnya bertemu dengan Mitsuha di dunia nyata dan keduanya merasa sangat bahagia bisa bertemu satu sama lain. Mereka kemudian menyadari bahwa mereka pernah bertukar tubuh pada masa lalu dan merasakan kehidupan satu sama lain.

  • Akhir yang Membuat Terharu

Cerita Kimi no na wa berakhir dengan Taki dan Mitsuha melihat komet yang sangat indah di langit malam. Keduanya merasa bahwa ini adalah momen yang sangat spesial dan berjanji untuk bertemu lagi di masa depan.

Fakta Menarik Tentang Anime Kimi No Na Wa

kimi no na wa wallpaper

Anime Kimi No Na Wa atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan judul “Your Name” adalah film animasi Jepang yang dirilis pada tahun 2016 disutradarai oleh Makoto Shinkai dan diproduksi oleh CoMix Wave Films. Kimi No Na Wa menjadi salah satu anime yang paling populer dan sukses di Jepang dan di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang anime Kimi No Na Wa.

  • Plot Cerita yang Menarik

Your Name mengisahkan dua remaja, Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu, yang tidak saling kenal dan tinggal di tempat yang berbeda. Suatu hari mereka tiba-tiba bertukar tubuh secara misterius dan mulai menjalani kehidupan satu sama lain. Plot cerita yang menarik dan unik ini membuat penonton terus penasaran dengan kelanjutan cerita.

  • Kesuksesan di Seluruh Dunia

Kimi No Na Wa sukses besar di Jepang dan menjadi film animasi dengan pendapatan tertinggi di Jepang sepanjang masa. Film ini juga sukses di seluruh dunia dan menjadi film animasi dengan pendapatan tertinggi kedua di dunia setelah Spirited Away. Kesuksesan ini membuat Kimi No Na Wa menjadi film animasi Jepang yang paling populer di seluruh dunia.

  • Musik yang Menyentuh

Musik yang digunakan dalam Kimi No Na Wa juga sangat mengesankan. Musik tema utama film ini berjudul “Zenzenzense” yang dinyanyikan oleh band Radwimps. Selain itu, musik latar yang digunakan dalam film ini juga sangat cocok dengan suasana cerita dan berhasil membuat penonton lebih terbawa emosi.

  • Animasi yang Indah

Tidak hanya plot cerita yang menarik dan musik yang mengesankan, animasi yang digunakan dalam Kimi No Na Wa juga sangat indah. Gambar-gambar dalam film ini sangat detail dan memiliki nuansa yang khas Jepang. Animasi yang indah ini membuat penonton lebih terkesan dengan film ini.

  • Menampilkan Budaya Jepang

Kimi No Na Wa juga berhasil menampilkan budaya Jepang dengan sangat baik. Dalam film ini, penonton dapat melihat berbagai macam keindahan Jepang seperti kota Tokyo, kuil-kuil yang indah, dan tradisi makanan Jepang yang khas. Hal ini membuat film ini tidak hanya menjadi tontonan yang menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi sarana pembelajaran tentang budaya Jepang.

  • Penerimaan Positif dari Kritikus Film

Your Name juga mendapatkan penerimaan yang sangat positif dari kritikus film. Film ini mendapatkan rating yang sangat tinggi di situs-situs review film seperti Rotten Tomatoes dan IMDb. Kritikus film memuji plot cerita yang menarik, musik yang mengesankan, animasi yang indah, dan keberhasilan film ini dalam menampilkan budaya Jepang.

Penghargaan Kimi no na Wa

Your Name adalah salah satu film anime yang sangat populer di seluruh dunia. Kesuksesan film ini tidak hanya tercermin dari jumlah penonton yang besar, tetapi juga dari sejumlah penghargaan yang berhasil diraihnya.

Di Jepang, film Your Name berhasil memecahkan berbagai rekor box office. Hanya dalam waktu satu bulan sejak dirilis, film ini berhasil meraih pendapatan sebesar 10 miliar yen atau setara dengan sekitar 90 juta dolar Amerika Serikat. Selain itu, film ini juga menjadi film animasi pertama yang berhasil mengalahkan film Spirited Away karya Hayao Miyazaki sebagai film animasi dengan pendapatan terbesar di Jepang.

Di luar Jepang, Kimi no Na Wa juga berhasil meraih sejumlah penghargaan internasional. Film ini berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori Best Animated Feature Film di Asia Pacific Screen Awards 2016. Selain itu, film ini juga berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori Animation of the Year di Japan Academy Prize 2017.

Tidak hanya itu, Kimi no Na Wa juga berhasil masuk dalam daftar nominasi untuk kategori Best Animated Feature di Academy Awards ke-89. Meskipun akhirnya tidak berhasil memenangkan penghargaan tersebut, namun ini tetap menjadi pencapaian yang luar biasa bagi sebuah film anime.

Kesuksesan dan penghargaan yang berhasil diraih oleh Kimi no Na Wa tidak terlepas dari kualitas cerita yang ditampilkan dalam film ini. Dikemas dengan visualisasi yang indah dan musik yang menyentuh, film ini berhasil menyampaikan pesan moral yang mendalam dan menghadirkan pengalaman yang unik bagi para penontonnya.

Kesimpulan

Setelah menonton film Kimi no Na Wa, kita dapat menyimpulkan bahwa film ini adalah karya yang luar biasa. Film ini berhasil menyentuh hati banyak orang dengan cerita yang indah dan penuh makna. Kisah cinta antara Taki dan Mitsuha yang terjalin melalui perjalanan waktu dan ruang membuat kita terbawa suasana dan terus tertarik untuk mengikuti alur ceritanya.

Selain itu, visualisasi yang dipersembahkan oleh film ini juga sangat memukau. Tampilan animasi yang begitu detail dan penuh warna memperlihatkan keindahan Jepang yang sebenarnya. Dari kota Tokyo yang megah hingga pedesaan Jepang yang indah, semuanya terlihat begitu hidup dan nyata.

Tidak hanya itu, film ini juga mengajarkan kita tentang arti penting hubungan antarmanusia dan pengorbanan untuk orang yang kita cintai. Pesan moral yang ingin disampaikan dalam film ini sangat mendalam dan membuat penonton merenung.

Kimi no Na Wa juga sukses dalam menghadirkan pengalaman yang unik dan berbeda bagi para penontonnya. Dengan alur cerita yang menarik dan menghibur, ditambah dengan visualisasi yang indah, film ini benar-benar menjadi salah satu karya yang patut diacungi jempol.

Secara keseluruhan, Kimi no Na Wa adalah film yang sangat layak untuk ditonton. Film ini patut dijadikan sebagai contoh karya animasi yang berhasil menyentuh hati banyak orang.

Tinggalkan Balasan