Daftar Anime yang Bertemakan Budaya Timur Tengah

Anime856 Dilihat

Anime memiliki kemampuan untuk mengambil inspirasi dari berbagai budaya di seluruh dunia, termasuk Timur Tengah. Tema-tema seperti Arabian Nights, mitologi Mesir Kuno, dan kisah-kisah petualangan yang berlatar belakang gurun pasir dan oasis yang eksotis telah diadaptasi ke dalam anime dan menarik minat para penggemar di seluruh dunia. Berikut adalah daftar anime yang bertemakan budaya Timur Tengah yang patut untuk ditonton:

Anime Timur Tengah: The Journey

the journey

“The Journey” mengambil inspirasi dari kisah-kisah dalam Arabian Nights dan mengikuti perjuangan pemuda bernama Zurara untuk melindungi kota Mekkah dari serangan Raja Abrahah yang Kejam. “The Journey” adalah salah satu anime yang menggabungkan elemen budaya Arab dengan cerita fantasi yang menarik. Dari para karakter yang mengenakan pakaian tradisional hingga lokasi yang terinspirasi dari arsitektur Arab di masa lampau, anime ini membawa penonton dalam perjalanan yang penuh warna dan penuh dengan keajaiban Tuhan Yang Maha Esa seperti “Kapal Nabi Nuh” dan “Burung Ababil”.

Anime Timur Tengah: Shoukoku no Altair

anime timur tengah

“Shoukoku no Altair” mengambil setting di dunia fiksi yang terinspirasi oleh dunia Ottoman pada masa lalu. Ceritanya mengikuti petualangan seorang politikus muda bernama Mahmut saat ia berusaha untuk menjaga perdamaian di antara negara-negara yang saling berseteru di Dataran Turki atau Turkiye. Sebagai informasi, anime ini mengambil nama-nama tokoh dari sejarah aslinya.

Anime Timur Tengah: Sindbad no Bouken

“Sindbad no Bouken” (“Adventures of Sinbad”) adalah anime yang mengikuti kisah petualangan Sindbad, seorang bajak laut yang terkenal, di dunia yang dipenuhi oleh sihir dan misteri. Dalam anime ini, Sindbad melakukan perjalanan ke berbagai tempat yang diilhami oleh dunia Arab.

Magi: The Labyrinth of Magic

magi anime

“Magi: The Labyrinth of Magic” adalah anime yang berlatar belakang dunia sihir yang diilhami oleh kisah-kisah Timur Tengah. Ceritanya mengikuti petualangan seorang remaja bernama Aladdin dan temannya Alibaba saat mereka menjelajahi dunia yang dipenuhi oleh dungeon-dungeon raksasa.

“Gasaraki” adalah anime fiksi ilmiah yang mengambil inspirasi dari sejarah dan budaya Jepang serta Timur Tengah. Ceritanya mengikuti perusahaan Jepang yang berusaha untuk mengembangkan senjata raksasa yang menggunakan teknologi yang ditemukan di wilayah Timur Tengah.

One Piece: Arabasta Arc

“One Piece: Arabasta Arc” mengambil setting di sebuah kerajaan di gurun yang dikenal sebagai Arabasta, dengan banyak elemen Timur Tengah yang diilhami oleh budaya dan arsitektur yang ada di sana. Arc ini mengikuti petualangan kelompok bajak laut Topi Jerami saat mereka mencoba menggagalkan konspirasi di kerajaan Arabasta.

Gundam 00

gundam 00

“Gundam 00” adalah seri Gundam yang mengambil setting di dunia yang dipenuhi oleh konflik antarbangsa di masa depan, yang banyak dipengaruhi oleh budaya Timur Tengah. Karakter-karakternya, termasuk tokoh utama Setsuna F. Seiei, memiliki latar belakang dan kisah yang erat kaitannya dengan dunia Timur Tengah.

Yugo the Negotiator

yugo negosiator

“Yugo the Negotiator” mengikuti kisah seorang negosiator Jepang bernama Yugo Beppu yang ditugaskan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara. Anime ini menampilkan banyak budaya dan tradisi Timur Tengah dalam ceritanya, bahkan di dalam anime ini juga diselipkan gerakan shalat untuk memperkaya sceen dalam adegan.

Itulah beberapa anime yang menyisipkan latar budaya dataran Arab dalam ceritanya. Tak hanya memberikan hiburan bagi para penontonnya, anime-anime tersebut juga dapat memperkenalkan kebudayaan yang berbeda dan meningkatkan pemahaman tentang masyarakat dan tradisi di Timur Tengah. Diharapkan dengan adanya anime-anime seperti ini, dapat meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Jepang dan negara-negara di Timur Tengah serta meningkatkan toleransi dan keberagaman di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *