Kontroversi Elon Musk vs Wikipedia: Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Tekno239 Dilihat

Kontroversi Elon Musk vs WikipediaElon Musk tidak asing dengan kontroversi dan kritik terhadap media, terutama sejak mengambil alih Twitter dan menggantinya dengan nama X. Dia telah membidik banyak orang dalam kicauannya, termasuk Joe Biden, TikTok, Mark Zuckerberg, dan New York Times.

Beberapa orang bahkan menyebutnya sebagai “troll” Twitter, seperti yang sering terjadi di situs tersebut. Saat ini, Musk sepertinya sedang memfokuskan perhatiannya pada Wikipedia, yang sebelumnya ia tuduh memiliki bias kiri dan memanipulasi informasi, meskipun tuduhan tersebut tidak didukung oleh bukti yang kuat.

Kontroversi Elon Musk vs Wikipedia

Baru-baru ini, dia menawarkan donasi sebesar 1 miliar dolar AS kepada Wikipedia dengan syarat yang sangat aneh, yakni mengganti nama platform tersebut menjadi ‘D*ckipedia’.

Jika Anda penasaran tentang perkembangan selanjutnya, mari kita bahas secara lebih mendalam tentang kontroversi Elon Musk versus Wikipedia. Lebih Lanjut tentang Kontroversi Wikipedia Elon Musk

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa Musk mengusulkan perubahan nama yang aneh untuk Wikipedia. Ini sebagian besar terkait dengan pandangannya tentang ensiklopedia online tersebut. Musk berkali-kali mengisyaratkan bahwa Wikipedia memiliki kecenderungan politik kiri dan mencantumkannya bersama dengan media lain seperti The Washington Post, New York Times, CNN, dan MSNBC.

Meskipun klaim ini tidak didukung oleh bukti yang kuat, Musk jarang mengutip sumber atau bukti untuk mendukung serangan dan tuduhannya.

Alasan lain mengapa Musk mengusulkan perubahan nama adalah karena Wikimedia Foundation secara terus-menerus meminta sumbangan uang dari masyarakat umum. Dia mempertanyakan perlunya jumlah uang yang begitu besar, dengan berkomentar, “Jelas tidak diperlukan untuk mengoperasikan Wikipedia. Anda bahkan bisa memasang salinan seluruh teksnya di ponsel Anda!”

Musk menambahkan, “Jadi, uangnya digunakan untuk apa? Pikiran ingin tahu.” Selain itu, ia juga meminta agar informasi mengenai perubahan nama dimasukkan ke halaman Wikipedia pribadinya.

Respon Kocak di Media Sosial

Setelah Musk mengusulkan perubahan nama, banyak pengguna Twitter merespons dengan komentar lucu dan saran kocak. Misalnya, saat seorang jurnalis menyarankan agar Wikipedia menerima tawaran tersebut dan kemudian mengubah kembali nama setelah menerima uang, Musk menjawab bahwa nama baru tersebut harus dipertahankan setidaknya selama satu tahun.

Belum jelas apakah Wikipedia akan menerima tawaran dari pendiri Tesla ini, tetapi insiden ini sekali lagi menunjukkan kesiapan Musk untuk menantang lembaga-lembaga yang sudah mapan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini bukan pertama kalinya Musk dan Wikipedia terlibat dalam perselisihan. Pada Mei 2023, salah satu pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, mengkritik Musk karena membatasi kritik terhadap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Turki tepat sehari sebelum pemilihan presiden negara tersebut.

Wales menuduh miliarder tersebut gagal menjunjung tinggi prinsip kebebasan berbicara yang selalu dia advokasi dengan menuruti permintaan Turki untuk membatasi konten. Wales juga menyebutkan bahwa ketika dia menghadapi situasi serupa, Wikipedia menolak tuntutan semacam itu.

Sebagai tambahan, Wikipedia adalah sumber daya penting yang digunakan oleh banyak orang untuk mencari informasi dan pengetahuan. Ia memiliki peran besar dalam dunia internet dan memberikan wawasan serta referensi yang berharga untuk banyak topik. Wikipedia bergantung pada sukarelawan dan donasi untuk tetap beroperasi, dan sumbangan dari individu seperti Musk bisa sangat berarti dalam mendukung kelangsungan situs tersebut.

Namun, kebijakan Wikipedia juga memiliki pedoman yang harus diikuti, dan perubahan nama yang diusulkan oleh Musk mungkin tidak sesuai dengan pedoman tersebut. Selain itu, Wikipedia telah menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan dan netral selama bertahun-tahun, dan perubahan nama seperti yang diusulkan oleh Musk bisa membingungkan pengguna dan merusak citra keandalan Wikipedia.

Kita harus menunggu dan melihat bagaimana situasi ini akan berkembang. Apakah Wikipedia akan menerima tawaran donasi Musk? Apakah nama Wikipedia akan berubah menjadi ‘D*ckipedia’? Atau apakah Musk akan terus mengejar perubahan ini? Semuanya masih menjadi tanda tanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *