Project Q PlayStation Terbaru Terungkap di Internet, Pakai OS Android?

Tekno216 Dilihat

Pasar konsol handheld saat ini masih didominasi oleh Nintendo melalui platform Nintendo Switch. Namun, Sony juga pernah merilis konsol handheld yang sukses seperti PSP dan PS Vita.

Kini, Sony kembali merilis mesin handheld terbaru dengan nama Project Q. Berbeda dengan sebelumnya, konsol ini akan menjadi konsol berbasis Cloud Gaming yang kabarnya akan menggunakan sistem operasi Android.

Bocoran Foto Project Q PlayStation Tersebar di Internet

Tampilan fisik handheld baru dari Sony bocor di internet

Tampilan fisik handheld baru dari Sony bocor di internet

Baru-baru ini, tampilan konsol Project Q bocor melalui sejumlah gambar dan video yang beredar di internet, memperlihatkan detail penampilan konsol tersebut. Konsol ini memiliki layar besar di antara dua controller DualSense yang terbagi menjadi dua.

Meskipun terlihat mirip dengan JoyCon pada Nintendo Switch, bocoran menunjukkan bahwa kedua sisi controller masih terhubung dan tidak dapat dipisahkan seperti JoyCon.

Melalui bocoran tersebut, terungkap bahwa konsol handheld ini akan menggunakan sistem operasi Android dengan chipset Qualcomm yang tertanam di dalamnya.

Tampilan antarmuka pengguna (UI) konsol ini cukup mirip dengan launcher pada smartphone Android, dengan adanya app drawer dan tiga tombol navigasi standar: home, back, dan menu.

Zuby_Tech via Twitter

Meskipun tujuan utama konsol ini adalah untuk menjalankan game PS5 melalui Remote Play, penggunaan sistem operasi Android membuka peluang penggunaan konsol ini untuk keperluan lainnya.

Mungkin dengan trik tertentu, konsol ini dapat menjalankan game Xbox melalui layanan Game Pass melalui cloud gaming atau bahkan memainkan game-game lawas melalui program emulator.

Saat artikel ini ditulis (24/7), belum ada konfirmasi resmi dari Sony apakah konsol handheld ini benar-benar akan menggunakan sistem operasi Android.

Project Q Handheld Gaming Sony Sudah Dalam Pengembangan Sejak 2015

Handheld Gaming Milik Sony Sudah Dikerjakan Sejak Tahun 2015

Handheld Gaming Milik Sony Sudah Dikerjakan Sejak Tahun 2015

Meskipun baru diumumkan pada acara PlayStation Showcase 2023, Project Q sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2015. Hal ini terbukti dari paten yang didaftarkan oleh Sony 7 tahun yang lalu untuk perangkat yang mirip dengan penampilan Project Q saat ini.

Hingga saat ini, informasi mengenai Project Q, termasuk spesifikasi dan tanggal rilis, masih belum diumumkan secara resmi. Oleh karena itu, tampilan konsol pada bocoran foto kemungkinan akan berbeda saat konsol ini dirilis.

Baca Juga

Tidak hanya Project Q, Sony juga mengumumkan earbud gaming yang dapat terhubung ke PS5, PC, dan smartphone melalui bluetooth. Selain itu, ada juga produk bernama Project Leonardo, yaitu controller PS5 dengan fitur kostumisasi dan aksesibilitas yang akan dirilis pada akhir tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *