Sakamoto Ryuichi, Berpulang di Usia 71 Tahun

J-pop174 Dilihat

Musisi elektronik legendaris asal Jepang, Ryuichi Sakamoto, telah berpulang pada usia 71 tahun setelah berjuang melawan kanker. Tim manajemennya mengeluarkan pernyataan resmi pada Minggu (2 April 2023), mengumumkan bahwa ia mengembuskan napas terakhir pada 28 Maret 2023. Sakamoto telah dikebumikan dalam pemakaman untuk keluarga dekat, sesuai dengan permintaannya.

Karier musik Sakamoto dimulai pada medio 1970-an ketika ia bersama Haruomi Hosono dan Yukihiro Takahashi mendirikan grup musik Yellow Magic Orchestra. Dalam pernyataan tim manajemen Sakamoto, mereka ingin membagikan kata-kata favorit sang musisi: “Ars longa, vita brevis. Seni itu panjang, hidup itu singkat.” Dunia musik kehilangan salah satu musisi legendaris yang telah memberikan kontribusi besar bagi industri musik, terutama dalam musik elektronik dan film. Semoga karya-karya Sakamoto akan terus menginspirasi dan memberikan pengaruh bagi generasi musisi yang akan datang.

Karir Sakamoto Ryuichi

Ryuichi Sakamoto

Sakamoto Ryuichi adalah seorang musisi, aktor, dan pencipta lagu asal Jepang yang telah memiliki karir panjang dan sukses di industri hiburan. Dia lahir pada tanggal 17 Januari 1952 di Tokyo, Jepang.

Karir Ryuichi dimulai pada tahun 1978, ketika ia menjadi anggota grup musik techno-pop Jepang, Yellow Magic Orchestra (YMO). YMO menjadi sangat terkenal di Jepang dan di seluruh dunia dan menjadi pionir dalam musik elektronik dan synthpop. Ryuichi juga memulai karir solonya pada tahun 1978 dengan merilis album “Thousand Knives”.

Selama karirnya, Sakamoto telah merilis banyak album solo, di antaranya adalah “B-2 Unit” (1980), “Left Handed Dream” (1981), dan “Futurista” (1986). Selain itu, Sakamoto Ryuichi juga terlibat dalam beberapa proyek kolaboratif yang sukses, termasuk dengan David Byrne dan Thomas Dolby. Dia juga telah bekerja sebagai produser dan pengaransemen untuk berbagai artis seperti Donna Summer, Iggy Pop, dan David Bowie.

Tidak hanya dalam dunia musik, Sakamoto juga merambah ke dunia seni dan film. Dia membintangi beberapa film, termasuk “Merry Christmas, Mr. Lawrence” dan “The Last Emperor”. Selain itu, dia juga aktif dalam gerakan lingkungan dan kemanusiaan, termasuk sebagai duta PBB untuk lingkungan hidup.

Dengan karir yang panjang dan beragam dalam dunia hiburan, Sakamoto Ryuichi telah membuktikan dirinya sebagai salah satu musisi dan seniman paling terkemuka di Jepang dan di dunia. Karyanya yang kreatif dan inovatif telah mempengaruhi banyak musisi dan seniman di seluruh dunia dan membuatnya tetap menjadi ikon hiburan hingga saat ini.

Fakta Menarik Tentang Sakamoto Ryuichi

Ryuichi Sakamoto

Sakamoto Ryuichi adalah musisi dan seniman terkenal asal Jepang dengan karir panjang dan sukses di industri hiburan. Selain karyanya yang kreatif dan inovatif, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Sakamoto Ryuichi:

  • Awalnya, Sakamoto adalah seorang mahasiswa matematika sebelum beralih ke musik.
  • Sakamoto Ryuichi juga berpartisipasi dalam gerakan hak asasi manusia dan pernah mengunjungi Korea Utara pada tahun 2003 untuk berbicara tentang masalah hak asasi manusia.
  • Sakamoto Ryuichi adalah seorang pecinta kucing dan memiliki beberapa kucing peliharaan.
  • Selain menjadi musisi dan seniman, Ryuichi juga memiliki minat dalam arsitektur dan pernah mendirikan perusahaan desain interior bernama “More Trees” pada tahun 2007.
  • Pada tahun 2014, Sakamoto didiagnosis menderita kanker orofaringeal dan berjuang melalui pengobatan dan operasi. Namun, dia berhasil sembuh dan kembali ke panggung.
  • Selain memenangkan Academy Award untuk Best Original Score, Sakamoto juga telah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi lainnya, termasuk Grammy Award, Golden Globe Award, dan BAFTA Award.
  • Sakamoto seringkali menggabungkan elemen musik tradisional Jepang dengan musik modern dalam karyanya, menciptakan genre musik yang unik dan khas.
  • Selain menjadi duta PBB untuk lingkungan hidup, Sakamoto Ryuichi juga aktif dalam gerakan anti-nuklir dan pernah terlibat dalam aksi protes melawan pembangkit listrik tenaga nuklir di Jepang setelah bencana Fukushima pada tahun 2011.
  • Sakamoto Ryuichi memiliki pengaruh besar di dunia musik elektronik dan synthpop, dan sering dianggap sebagai “ayah” genre musik ini di Jepang.

Dengan segala prestasi dan kontribusinya dalam dunia hiburan dan sosial, Sakamoto Ryuichi tetap menjadi salah satu tokoh paling dihormati dan diapresiasi di Jepang dan di seluruh dunia.

Karya Musik

Ryuichi Sakamoto merupakan seorang musisi legendaris asal Jepang yang telah menghasilkan berbagai karya musik selama kariernya. Beberapa judul karya musik Ryuichi Sakamoto yang terkenal di antaranya:

  • Merry Christmas, Mr. Lawrence
  • Forbidden Colours
  • The Last Emperor
  • Bibo no Aozora
  • Energy Flow
  • Thousand Knives
  • Neo Geo
  • The Sheltering Sky
  • Seven Samurai
  • Rain

Karya-karya musik Sakamoto telah memberikan pengaruh besar dalam dunia musik elektronik, film, dan seni kontemporer. Semua karyanya menunjukkan kecintaan Sakamoto terhadap eksplorasi dan inovasi dalam bermusik, dan telah memperoleh banyak penghargaan dan apresiasi dari penggemar dan kritikus musik di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan