Urutan dan Sinopsis Setiap Season Sword Art Online dari Awal Hingga Akhir

Anime, Manga410 Dilihat

Urutan dan Sinopsis Sword Art OnlineSword Art Online (SAO) merupakan sebuah anime yang menghadirkan pertarungan epik, karakter utama yang luar biasa kuat, serta para gamer mahir dalam dunia virtual. Semua aspek ini diberikan dengan tampilan animasi yang memukau. Cerita SAO berfokus pada perjalanan Kazuto “Kirito” Kirigaya (Yoshitsugu Matsuoka) dan Asuna Yuuki (Haruka Tomatsu).

Meskipun bertemakan game, anime ini tetap mampu menarik perhatian para penggemar anime secara menyeluruh.

Anime ini diadaptasi dari novel ringan karya Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh Abec. Kehadirannya di layar lebar dikonsepkan oleh Studio A-1 Pictures di bawah arahan Itou Tomohiko. Total, SAO telah memancarkan 86 episode.

Berikut Urutan dan Sinopsis Setiap Season Sword Art Online

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman anime ini, artikel ini akan memandu Anda mengenai urutan yang benar dalam menikmati Sword Art Online.

1. Sword Art Online

Sword Art Online

Sword Art Online 2012 | MyAnimeList.net

Tahun Rilis: 2012
Genre: Aksi, Fantasi, Petualangan
Produksi: A-1 Pictures
Sutradara: Itou Tomohiko
Pemeran: Yoshitsugu Matsuoka, Haruka Tomatsu, Ayana Taketatsu

Pada tahun 2012, Sword Art Online pertama kali tayang. Walaupun mendapat popularitas sejak awal, anime ini juga memicu kontroversi. Alasannya, dalam awalnya yang hanya akan menjadi serial pendek, terdapat banyak adegan kekerasan dan unsur pelecehan seksual yang membuat beberapa kalangan tidak nyaman.

Namun, di samping itu, SAO tetap dianggap sebagai anime berpengaruh yang memiliki cerita yang kuat. Kisah dimulai dengan Kazuto Kirigaya, atau “Kirito,” yang terjebak dalam dunia Aincrad yang penuh dengan kompleksitas dan keindahan.

Bersama dengan sepuluh ribu pemain lainnya, mereka harus mengatasi ratusan level permainan yang dipenuhi senjata dan monster menakutkan. Kirito terpaksa berkolaborasi dengan para pemain lainnya untuk bertahan dan menemukan jalan keluar dari Aincrad. Kematian dalam dunia game ini juga berarti kematian dalam dunia nyata, membuat Kirito harus memenangkan permainan demi kelangsungan hidupnya.

2. Sword Art Online: Extra Edition

Sword Art Online: Extra Edition

Sword Art Online: Extra Edition

Tahun Rilis: 2013
Genre: Aksi, Fantasi, Petualangan
Produksi: A-1 Pictures
Sutradara: Itou Tomohiko
Pemeran: Yoshitsugu Matsuoka, Haruka Tomatsu, Ayana Taketatsu

Setahun setelah musim pertama, Kirito kembali dengan petualangan menarik di Sword Art Online: Extra Edition. Di kelanjutan ini, cerita berlangsung beberapa tahun setelah peristiwa di musim pertama.

Kirito dan adiknya, Suguha (Ayana Taketatsu), bertemu dengan Asuna Yuuki (Haruka Tomatsu), Silica (Rina Hidaka), dan Lisbeth (Ayahi Takagaki) di Sekolah Selamat dari Sword Art Online.

Selagi bersenang-senang berenang, Kirito diundang untuk sesi konseling mendalam. Strategi ini dibuat oleh Seijirou Kikouka untuk mengulangi insiden Sword Art Online dan mencari motif di baliknya.

3. Sword Art Online II

Sword Art Online II

Sword Art Online II

Tahun Rilis: 2014
Genre: Aksi, Fantasi, Petualangan
Produksi: A-1 Pictures
Sutradara: Itou Tomohiko
Pemeran: Yoshitsugu Matsuoka, Haruka Tomatsu, Sawahiro Miyuki

Satu tahun setelah peristiwa Sword Art Online, muncul ancaman baru dalam bentuk game Gun Gale Online. Di dunia ini, ada seorang pemain bernama Death Gun yang diyakini mampu membunuh pemain dalam dunia nyata hanya dengan menembak mereka dalam game.

Kirito, dengan bantuan pejabat Sword Art Online, kembali masuk ke dunia virtual untuk menghentikan Death Gun. Dalam perjalanannya, Kirito bertemu dengan Shino Asada (Sawahiro Miyuki), seorang penembak jitu yang memiliki masa lalu yang penuh trauma. Bersama-sama, mereka terlibat dalam perburuan Death Gun dan terjebak dalam turnamen dimana nyawa menjadi taruhan.

4. Sword Art Online: Ordinal Scale

Sword Art Online: Ordinal Scale

Sword Art Online: Ordinal Scale

Tahun Rilis: 2017
Genre: Aksi, Fantasi, Petualangan
Produksi: A-1 Pictures
Sutradara: Itou Tomohiko
Pemeran: Yoshitsugu Matsuoka, Haruka Tomatsu, Yoshio Inoue

Empat tahun setelah peristiwa Sword Art Online, teknologi baru bernama Augmented Reality (AR) muncul. Teknologi ini lebih aman dari NerveGear dan Amusphere yang dikenal sebelumnya. Dengan AR, pemain dapat berinteraksi dengan dunia virtual sambil tetap sadar.

Kirito dan teman-temannya tertarik untuk mencoba teknologi Augma dan terjun ke dalam dunia permainan Ordinal Scale. Namun, yang awalnya tampak menyenangkan berubah menjadi ancaman yang tak terduga.

5. Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online

Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online

Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online

Tahun Rilis: 2018
Genre: Aksi, Fantasi, Sains Fiksi
Produksi: Studio 3Hz
Sutradara: Masayuki Sakoi
Pemeran: Tomori Kusunoki, Youko Hikasa, Chinatsu Akasaki, Kazuyuki Okitsu, Haruka Shiraishi

Pada serial lanjutan ini, Kirito dan Asuna mengambil langkah mundur karena cerita ini merupakan spin-off yang berfokus pada petualangan Karen Kohiruimaki (Tomori Kusunoki) dan Pitohui (Youko Hikasa).

Kisah berlangsung di Tokyo dan berkisah tentang seorang mahasiswa yang memiliki kontras antara dirinya dan avatar yang ia gunakan di dunia Gun Gale Online. Di dunia game, ia mengambil karakter imut yang membawanya ke dalam petualangan yang menegangkan.

Dalam permainan ini, ia berjumpa dengan Pitohui (Youko Hikasa), seorang wanita berbakat yang memiliki eksentrisitasnya sendiri. Keduanya segera menjadi teman dan terlibat dalam pertempuran Squad Jam, di mana para pemain saling berhadapan hingga hanya satu yang tersisa.

6. Sword Art Online: Alicization

Sword Art Online: Alicization

Sword Art Online: Alicization

Tahun Rilis: 2018
Genre: Aksi, Fantasi, Petualangan, Romansa
Produksi: A-1 Pictures
Sutradara: Manabu Ono
Pemeran: Yoshitsugu Matsuoka, Ai Kayano, Nobunaga Shimazaki

Dalam Sword Art Online: Alicization, Kirito terlibat dalam eksperimen yang mengarahkannya ke dunia virtual bernama Underworld. Namun, kehadiran teknologi ini tidak lepas dari konspirasi yang melibatkan dunia nyata.

Ketika Kirito terluka dalam serangan di dunia virtual, ia mengalami kondisi kritis di dunia nyata dan terhubung dengan dunia Underworld yang alurnya sangat cepat. Dalam dunia virtual ini, ia harus menghadapi berbagai ancaman dan tugas yang akan menguji batas keberanian dan kemampuannya.

7. Sword Art Online: Alicization – War of Underworld I

Sword Art Online: Alicization – War of Underworld I

Sword Art Online: Alicization – War of Underworld I

Tahun Rilis: 2019
Genre: Aksi, Petualangan, Fantasi, Romansa
Produksi: A-1 Pictures
Sutradara: Manabu Ono
Pemeran: Yoshitsugu Matsuoka, Ai Kayano, Nobunaga Shimazaki

Setelah kontak dengan dunia nyata, Kirito menemukan bahwa Ocean Turtle, fasilitas yang dikendalikan oleh RATH, telah disusupi oleh kelompok teroris. Kirito mengalami luka yang serius karena serangan ini dan terjebak dalam kondisi koma karena Fluctlight-nya rusak.

Sementara Kirito dalam kondisi koma, Alice Zuberg (Ai Kayano) membawanya kembali ke desa mereka. Tapi Dark Territory menyerang dan Alice bersumpah untuk melindungi dunia yang pernah dijaga oleh Kirito dan Eugeo.

8. Sword Art Online: Alicization – War of Underworld II

Sword Art Online: Alicization – War of Underworld II

Sword Art Online: Alicization – War of Underworld II

Tahun Rilis: 2020
Genre: Aksi, Petualangan, Fantasi, Romansa
Produksi: A-1 Pictures
Sutradara: Shunsuke Najajuu
Pemeran: Yoshitsugu Matsuoka, Haruka Tomatsu, Ai Kayano

Pertempuran melawan Dark Territory masih berlanjut di Sword Art Online: Alicization – War of Underworld II. Para pemain dari seluruh dunia mengalir ke Underworld, membawa Kerajaan Manusia ke dalam kekacauan.

Asuna dan sekutu-sekutunya berjuang untuk melindungi sekutu barunya, meskipun jumlah mereka terus berkurang. Sementara itu, Alice berjuang di Altar Ujung Dunia dan Gabriel “Vecta” Miller tak henti-hentinya mengejarnya.

Sementara itu, tim RATH berusaha untuk memulihkan Fluctlight Kirito yang rusak oleh konsleting. Namun, para teroris yang menguasai pusat kendali masih merencanakan aksinya.

9. Sword Art Online: Progressive – Aria of Starless Night

Sword Art Online: Progressive – Aria of Starless Night

Sword Art Online: Progressive – Aria of Starless Night

Tahun Rilis: 2021
Genre: Aksi, Fantasi, Petualangan, Romansa
Produksi: A-1 Pictures
Sutradara: Ayako Kouno
Pemeran: Yoshitsugu Matsuoka, Haruka Tomatsu

Anime ini membawa kita pada awal perjalanan Kirito dan Asuna di Sword Art Online: Progressive – Aria of Starless Night. Satu bulan setelah dimulainya permainan Akihiko Kayaba, jumlah pemain yang tewas terus bertambah dan dua ribu nyawa telah hilang dalam permainan.

Dalam petualangan ini, Kirito dan Asuna saling berjuang untuk bertahan hidup. Mereka merasakan tantangan dari dalam dan luar permainan, meskipun pada awalnya mereka ingin menjalani petualangan secara solo.

Namun, mereka belajar bahwa kesendirian dapat berarti kematian dalam permainan yang mematikan ini. Meskipun kadang saling membantu, mereka menyadari bahwa saling bergantung adalah satu-satunya cara untuk bertahan.

Dengan mengikuti panduan urutan ini, Anda akan bisa merasakan petualangan Kirito dan Asuna dengan lebih lengkap di dunia game Sword Art Online. SAO adalah anime yang memiliki landasan kuat, meskipun tidak semua orang setuju dengan karakter utamanya yang kuat dan terkadang terlalu khas. Bagaimana tanggapan Anda terhadap anime ini?

dikutip dari https://bacaterus.com (Ketahui Yuk Urutan Anime Sword Art Online yang Benarnya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *