4 Makanan Musim Gugur yang Tak Boleh Terlewatkan di Jepang

Budaya413 Dilihat

4 Makanan Musim Gugur Jepang – Musim gugur di Jepang adalah waktu yang istimewa yang disambut dengan pemandangan alam yang menakjubkan, cuaca yang nyaman, dan tentu saja, kuliner lezat. Selain daun-daun berubah warna menjadi kemerahan dan kuning, musim ini juga menghadirkan kuliner khas yang penuh cita rasa.

Jadi, jika kamu berencana untuk mengunjungi Jepang selama musim gugur, pastikan untuk mencicipi beberapa hidangan istimewa yang hanya bisa kamu nikmati saat ini.

4 Makanan Musim Gugur Jepang

Dalam artikel ini, kami akan membawa kamu untuk menjelajahi 4 kuliner musim gugur yang harus dicoba saat berada di Jepang.

1. Shinmai: Nikmatnya Rasa Beras Panen Pertama

Shinmai Rice

Shinmai Rice

Musim gugur di Jepang adalah saat panen beras pertama yang dikenal dengan nama Shinmai. Ini adalah saat yang istimewa di mana petani Jepang memanen beras segar mereka. Rasanya sangat berbeda dari beras yang bisa kamu temukan sepanjang tahun.

Shinmai memiliki tekstur yang lebih lembut dan cita rasa yang lebih manis. Sensasi memakan nasi segar yang lezat ini hanya bisa kamu nikmati dari bulan September hingga Desember.

2. Jamur Matsutake: Raja Jamur Musim Gugur

Jamur Matsutake

Jamur Matsutake

Musim gugur juga merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar kuliner Jepang karena munculnya Jamur Matsutake. Jamur ini dijuluki sebagai “Raja Jamur Musim Gugur” karena aromanya yang khas dan cita rasanya yang melimpah.

Jamur Matsutake dianggap sebagai salah satu makanan mewah di Jepang karena sulit untuk dibudidayakan secara artifisial dan hanya bisa dipanen secara terbatas. Orang Jepang sering memasak jamur ini dengan nasi atau menggunakannya dalam sup untuk menikmati cita rasa dan aroma yang istimewa.

3. Ikan Sanma: Lezatnya Ikan Musim Gugur

Ikan Sanma

Ikan Sanma

Ikan Sanma, atau juga dikenal sebagai Pacific Saury, adalah hidangan khas yang harus dicoba saat musim gugur tiba. Ikan Sanma paling nikmat saat dipanggang di atas api terbuka dan disajikan dengan irisan lobak Jepang (daikon), perasan lemon, dan sedikit garam.

Hidangan ini dikenal dengan nama “Sanma no Shioyaki.” Daging Ikan Sanma memiliki tekstur yang lembut, ringan, dan cita rasa yang manis, menjadikannya salah satu makanan musim gugur yang paling dinantikan.

4. Buah Kesemek: Manisnya Musim Gugur

Buah Kesemek

Buah Kesemek

Selama musim gugur, buah kesemek menjadi primadona di Jepang. Buah ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang sangat lembut. Terdapat dua jenis buah kesemek, yaitu yang memiliki rasa manis dan yang memiliki rasa asam.

Buah ini bisa dinikmati dalam bentuk segar atau bahkan dalam bentuk kering. Tak sedikit yang mengolah buah kesemek ini menjadi berbagai hidangan penutup seperti jelly, yokan, dan lainnya.

Jadi, ketika kamu merencanakan liburan musim gugurmu di Jepang, pastikan untuk menyempatkan diri mencicipi kuliner-kuliner istimewa ini. Dengan menggabungkan keindahan alam musim gugur dan kenikmatan kuliner khas, pengalaman liburanmu di Jepang akan menjadi lebih berkesan.

Setiap gigitan makanan musim gugur akan membawamu lebih dekat dengan budaya dan keindahan alam Jepang. Selamat menikmati petualangan kulinermu di musim gugur Jepang yang memikat!

Dikutip dari japanesestation.com (4 Makanan Musim Gugur yang Wajib Kamu Coba di Jepang)

Tinggalkan Balasan