Dolphin Emulator Tidak Dirilis di Steam

Games325 Dilihat

Dolphin Emulator Batal Dirilis – Dalam dunia game, terdapat banyak game lawas yang memiliki nilai nostalgia bagi para penggemar. Namun, terkadang sulit untuk memainkan game-game tersebut di platform modern karena keterbatasan preservasi game. Untuk mengatasi hal ini, banyak gamer memilih menggunakan program emulator, salah satunya adalah Dolphin Emulator.

Dolphin Emulator adalah emulator yang populer digunakan untuk menjalankan game-game dari konsol Nintendo klasik seperti Gamecube dan Wii di platform modern. Emulator ini telah berhasil meraih popularitas yang cukup tinggi, sehingga mampu mencuri perhatian Valve, pengembang platform game Steam.

Alasan Dolphin Emulator Batal Rilis di Steam

Dolphin Emulator Batal Rilis Di Steam

Dolphin Emulator Batal Rilis Di Steam

Namun, sayangnya, rencana Dolphin Emulator untuk dirilis di Steam harus dibatalkan karena adanya konflik dengan pihak Nintendo. Tim pengembang Dolphin Emulator mengumumkan melalui situs resmi mereka bahwa perilisan emulator di platform Steam telah dibatalkan. Alasan utama pembatalan ini adalah karena Valve belum mampu menyediakan kondisi yang tepat agar software ini dapat tersedia di dalam platform Steam.

Batal rilis karena masalah copyright dengan Nintendo

Batal rilis karena masalah copyright dengan Nintendo

Awalnya, Valve meminta tim pengembang Dolphin Emulator untuk membuat perjanjian dengan Nintendo sebelum merilis emulator ini di Steam. Namun, melalui perjanjian tersebut, tuntutan dari Nintendo dikatakan hampir mustahil untuk dipenuhi. Hal ini membuat tim pengembang Dolphin Emulator akhirnya memutuskan untuk menghentikan usaha pengembangan software ini di Steam.

Meskipun rencana perilisan di Steam dibatalkan, tim pengembang Dolphin Emulator tetap berkomitmen untuk menghadirkan fitur-fitur baru yang direncanakan untuk versi Steam. Namun, kali ini fitur-fitur tersebut akan dirilis melalui situs resmi Dolphin Emulator langsung dan akan tersedia untuk PC, Mac, Linux, dan Android.

Perseteruan Dolphin Emulator dengan Nintendo dan Steam

Perseteruan Dolphin Emulator dengan Nintendo dan Steam

Perseteruan Dolphin Emulator dengan Nintendo dan Steam

Konflik antara Dolphin Emulator, Nintendo, dan Steam mencerminkan ketatnya pengawasan produk yang dilakukan oleh Nintendo. Nintendo memiliki kebijakan yang ketat dalam melindungi hak cipta dan merek dagangnya. Meskipun tujuan Nintendo adalah untuk melindungi hak cipta mereka, langkah-langkah yang diambil sering kali mendapat kritik karena dianggap terlalu berlebihan.

Baca Juga

Perilisan Dolphin Emulator di Steam menjadi salah satu contoh kasus di mana Nintendo berusaha menjaga produknya. Setelah pengumuman bahwa emulator ini akan hadir di Steam, Nintendo segera mengirimkan pesan berupa ancaman DMCA untuk mencegah proses perilisan tersebut. Ancaman ini membuat Valve, sebagai pemilik Steam, mengambil tindakan cepat dengan menghapus halaman Dolphin Emulator di Steam untuk menghindari masalah yang lebih besar.

Pembatalan perilisan Dolphin Emulator di Steam merupakan kekecewaan bagi para penggemar emulator ini. Namun, tim pengembang Dolphin Emulator tetap berkomitmen untuk terus mengembangkan emulator ini dan menyediakan fitur-fitur baru bagi para pengguna. Meskipun tidak dirilis di Steam, Dolphin Emulator tetap menjadi pilihan utama bagi para gamer yang ingin memainkan game-game klasik dari konsol Nintendo di platform modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *