5 Festival Musim Panas Jepang yang Harus Dikunjungi

Budaya212 Dilihat

5 Festival Musim Panas Jepang – Musim panas di Jepang selalu menjadi waktu yang istimewa, bukan hanya karena cuacanya yang hangat, tetapi juga karena festival-festival yang meriah yang menghiasi kota-kota di seluruh negeri. Jepang, dengan kekayaan budayanya, mengundang wisatawan dan penduduk lokal untuk merayakan musim panas dengan cara yang sangat khas.

Dari parade penuh warna hingga kilauan kembang api yang memukau, festival-festival musim panas di Jepang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

5 Festival Musim Panas Jepang

Mari kita telusuri lima festival musim panas yang harus kamu saksikan jika berada di Negeri Sakura.

1. Sanno Matsuri Tokyo

Sanno Matsuri Tokyo

Sanno Matsuri Tokyo

Festival Sanno adalah salah satu perayaan terbesar yang diadakan di ibukota Jepang, Tokyo. Yang unik, festival ini selalu digelar pada tahun-tahun genap. Ribuan peserta mengenakan kostum tradisional, mendampingi musisi yang tampil di atas kendaraan hias dan mikoshi (keranda berhias).

Festival ini dimulai pada pukul 8 pagi dari Kuil Hie dan berlanjut dengan prosesi di pusat kota Tokyo hingga sore hari. Biasanya, festival ini digelar mulai tanggal 7 hingga 17 Juni.

2. Aomori Nebuta Matsuri, Aomori

Aomori Nebuta Matsuri

Aomori Nebuta Matsuri

Jika kamu berada di Jepang selama musim panas, kunjungan ke Aomori untuk menyaksikan Aomori Nebuta Matsuri adalah suatu keharusan. Festival ini tidak kalah meriah dengan perayaan musim panas lainnya dan dianggap sebagai festival terbesar di wilayah Tohoku.

Di sini, kamu akan melihat parade yang memukau dengan benda-benda raksasa terbuat dari kertas yang membentuk sosok prajurit. Hal ini mengacu pada legenda Shogun Sakanoue no Tamuramaro dan prajuritnya yang terkenal karena meletakkan lentera raksasa di puncak bukit sambil menunggu untuk menyerang Suku Emishi.

Keseruan festival ini semakin bertambah karena kamu juga bisa bergabung sebagai peserta dalam parade dengan mengenakan kostum haneto.

3. Awa Dance Festival

Awa Dance

Aomori Nebuta Matsuri

Seperti namanya, festival ini sangat cocok untuk pecinta tarian. Awa Dance Festival, yang diadakan di Prefektur Awa, Jepang, adalah perayaan di mana ribuan penari Jepang berkumpul untuk merayakan Obon. Festival ini berlangsung setiap tanggal 12 hingga 15 Agustus. Kamu akan melihat kelompok-kelompok penari yang memukau dengan gerakan mereka yang khas.

4. Nagaoka Firework Festival, Nagaoka

Nagaoka Firework Festival

Nagaoka Firework Festival

Festival kembang api di Nagaoka adalah yang terbesar di Jepang. Digelar setiap tanggal 2 hingga 3 Agustus, festival ini memanjakan mata penonton dengan pertunjukan kembang api raksasa berdiameter 650 meter yang membentuk berbagai pola, termasuk bunga. Festival ini awalnya digelar sebagai tanda pemulihan Jepang pasca Perang Dunia II.

5. Tenjin Matsuri, Osaka

Tenjin Matsuri

Tenjin Matsuri

Festival Tenjin adalah perayaan yang telah berlangsung selama lebih dari 1000 tahun. Festival ini berpusat di sekitar Kuil Tenmangu, Osaka, dan mencakup perayaan di darat dan di atas air.

Bagian darat dari festival menampilkan ribuan peserta yang mengenakan pakaian tradisional dan mengikuti prosesi dengan membawa mikoshi (keranda berhias) dan pakaian bergaya istana dari abad ke-18 hingga ke-12.

Sementara itu, bagian di atas air melibatkan peserta yang naik perahu di Jembatan Tenmabashi dan berlayar di sungai. Saat matahari terbenam, api akan dinyalakan di atas perahu, menciptakan pemandangan spektakuler. Malamnya, kamu juga bisa menikmati pertunjukan kembang api yang memukau.

Musim panas di Jepang adalah waktu yang tepat untuk merayakan kekayaan budaya dan tradisi yang dimiliki negeri ini. Dari Festival Sanno yang megah di Tokyo hingga gemerlap kembang api di Festival Nagaoka, setiap festival memiliki daya tariknya sendiri.

Meskipun festival-festival tersebut mungkin memiliki tema dan cerita yang berbeda, semuanya berbagi satu kesamaan: semangat merayakan musim panas yang penuh kegembiraan.

Jadi, jika kamu berencana untuk mengunjungi Jepang selama musim panas, pastikan untuk menyertakan kunjungan ke salah satu dari lima festival musim panas yang tak terlupakan ini dalam daftar perjalananmu. Selamat menikmati musim panas yang spektakuler di Jepang!

Dikutip dari japanesestation.com (5 Festival Musim Panas di Jepang yang Harus Kamu Datangi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *