Penjualan Final Fantasy XVI Tidak Sesuai Ekspektasi Tinggi, Menurut Takashi Kiryu

Games282 Dilihat

Penjualan Final Fantasy XVI Tidak Sesuai Ekspektasi Tinggi – Square Enix, salah satu perusahaan game terkemuka di Jepang, menghadapi penurunan harga saham yang signifikan setelah presidennya, Takashi Kiryu, mengungkapkan bahwa penjualan game terbarunya, Final Fantasy XVI, tidak memenuhi ekspektasi tinggi perusahaan.

Pengumuman keuangan Q2 2023 Square Enix menunjukkan adanya peningkatan pendapatan sebesar 14% dari tahun sebelumnya, namun laba perusahaan turun sekitar 65%.

Penjualan Final Fantasy XVI Tidak Memenuhi Ekspektasi

Pada tanggal 4 Agustus 2023, ketika Tokyo Stock Exchange ditutup, harga saham Square Enix berada di angka ¥6.366. Namun, ketika bursa saham dibuka kembali pada tanggal 7 Agustus 2023, harga saham perusahaan tersebut turun menjadi ¥5.561, mengalami penurunan sebesar 12,65%.

Takashi Kiryu, dalam panggilan keuangan perusahaan, mengakui bahwa penjualan Final Fantasy XVI tidak mencapai ekspektasi tinggi yang diharapkan.

Kiryu juga menyebutkan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan Final Fantasy XVI adalah lambatnya adopsi konsol game terbaru, PlayStation 5 (PS5). Namun, ia tetap optimis bahwa penjualan game tersebut akan meningkat seiring dengan peningkatan ketersediaan konsol PS5 di pasaran.

David Gibson, seorang analis dari MST Financial yang juga menghadiri panggilan keuangan Square Enix, memberikan klarifikasi bahwa penjualan Final Fantasy XVI berada dalam kisaran ekspektasi perusahaan dan bahwa performa PS5 cukup baik.

Pada bulan Juli 2023, Square Enix melaporkan bahwa penjualan Final Fantasy XVI mencapai sekitar 3 juta kopi dalam waktu kurang dari 1 minggu setelah dirilis, yang dianggap sebagai pencapaian yang sangat kuat.

Meskipun tidak jelas apa yang dimaksud dengan “ekspektasi tinggi” oleh Square Enix, kita dapat membandingkannya dengan penjualan game sebelumnya, Final Fantasy XV, yang berhasil terjual sebanyak 5 juta kopi dalam waktu 1 hari setelah dirilis. Perlu dicatat bahwa Final Fantasy XV awalnya dirilis untuk konsol PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One pada tahun 2016, kemudian diikuti dengan versi PC pada tahun 2018. Sementara itu, Final Fantasy XVI hanya dirilis eksklusif untuk konsol PS5 pada bulan Juni 2023.

source : @gibbogame twitter

source : @gibbogame twitter

Selain itu, Gibson juga menyampaikan bahwa strategi Square Enix ke depan adalah mengurangi perilisan game-game dengan skala kecil dan menengah, serta lebih fokus pada pengembangan game AAA untuk konsol.

Final Fantasy XIV: Dawntrail, yang seharusnya dirilis pada musim panas 2023, mengalami keterlambatan dari jadwal internal Square Enix. Namun, perusahaan tetap optimis bahwa game tersebut akan sukses dan dapat memberikan kontribusi keuntungan di sektor mobile. Final Fantasy VII: Ever Crisis, yang juga merupakan game mobile, diharapkan dapat menghasilkan profit yang signifikan.

Baca Juga

Meskipun Square Enix menghadapi tantangan dengan penjualan Final Fantasy XVI yang tidak sesuai ekspektasi, perusahaan ini tetap berkomitmen untuk terus mengembangkan game-game berkualitas tinggi dan memenuhi harapan para penggemarnya.

Dalam industri game yang kompetitif, penjualan yang tidak memenuhi ekspektasi adalah hal yang wajar, namun Square Enix akan terus berusaha untuk menghadirkan pengalaman bermain yang menarik dan memikat bagi para penggemar franchise Final Fantasy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *