Raja Canute “Sang Penguasa Agung” Vinland Saga dan Sejarah Aslinya

Anime2099 Dilihat

Anime Vinland Saga adalah sebuah karya manga yang dikarang oleh Makoto Yukimura dan diadaptasi menjadi anime oleh Wit Studio. Salah satu karakter utama dalam anime ini adalah Raja Canute yang Agung. Siapa sebenarnya Raja Canute dan apa perannya dalam anime Vinland Saga? Berikut adalah penjelasannya.

Canute adalah salah satu karakter utama dalam anime Vinland Saga. Ia merupakan putra dari Raja Sweyn Forkbeard, seorang raja Viking terkenal yang berhasil menaklukkan banyak kerajaan di Eropa. Canute adalah putra mahkota yang diharapkan untuk menjadi penerus tahta ayahnya. Namun, ia memiliki sifat yang sangat berbeda dengan ayahnya. Canute merupakan seorang yang tenang dan penuh perhitungan, tidak seperti ayahnya yang impulsif dan agresif.

Pada awalnya, Canute muncul sebagai karakter yang lemah dan penakut. Namun, seiring dengan perkembangan cerita, ia mulai menunjukkan kemampuan kepemimpinan yang luar biasa. Ia belajar banyak dari Thorfinn, seorang pemburu pembunuh yang mengikutinya dalam perjalanan. Thorfinn mengajarkan Canute tentang kekuatan dan kelemahan manusia, serta arti kekuasaan yang sebenarnya.

Canute mulai berubah ketika ayahnya meninggal ketika dibunuh oleh Ashlad (Askeladd) dan langsung mendeklasrasikan dirinya menjadi raja baru. Di balik itu, ternyata pembunuhan tersebut memang sudah direncanakan oleh Askeladd dan Canute selama perjalanannya.

Namun, walaupun pembunuhan tersebut merupakan rencana dirinya, ia berusaha memimpin dengan bijak, memperbaiki kerajaan yang hancur dan membangun hubungan yang lebih baik dengan negara-negara tetangga. Selain itu, Canute juga memiliki musuh di dalam kerajaannya sendiri. Beberapa orang yang tidak setuju dengan gaya kepemimpinannya mencoba membunuhnya dan merebut tahta kerajaan.

Canute akhirnya menunjukkan keberaniannya saat ia memimpin pasukan Viking melawan pasukan Inggris yang menyerang kerajaannya. Ia menunjukkan kemampuan strategis yang luar biasa dalam pertempuran dan berhasil mengalahkan musuhnya. Canute kemudian mengumumkan bahwa ia tidak akan lagi melakukan penaklukan dan invasi seperti ayahnya. Ia ingin membangun perdamaian dan persahabatan dengan negara-negara tetangga, serta menciptakan masyarakat yang adil dan damai di dalam kerajaannya.

Secara keseluruhan, Raja Canute yang Agung adalah salah satu karakter yang sangat menarik dalam anime Vinland Saga. Ia merupakan sosok yang cerdas, bijaksana, dan penuh perhitungan, serta memiliki kemampuan kepemimpinan yang luar biasa. Peran Canute dalam anime Vinland Saga juga menunjukkan bahwa kekuasaan bukanlah semata-mata tentang kekuatan dan kekerasan, tetapi juga tentang kebijaksanaan, ketenangan, dan kemampuan untuk memahami kebutuhan rakyat.

Baca Juga : Sejarah Sepakbola: Dari Awal Hingga Masa Kini

Sejarah Asli “Raja Canute Sang Penguasa Agung”

raja canute di tengah peperangan

Canute yang Agung adalah salah satu tokoh bersejarah yang terkenal di Eropa. Ia lahir pada tahun 995 di Denmark dan merupakan putra Raja Sweyn Forkbeard. Canute menjadi raja Denmark pada tahun 1018 dan kemudian menaklukkan Inggris pada tahun 1016, serta menjadi raja Inggris hingga kematiannya pada tahun 1035.

Sebagai raja Denmark, Canute berhasil memperluas wilayah kekuasaannya dan menciptakan stabilitas politik yang relatif baik di wilayah Skandinavia. Ia juga membangun hubungan yang baik dengan gereja dan mengizinkan para misionaris untuk menyebarluaskan agama Kristen di wilayahnya.

Setelah menaklukkan Inggris pada tahun 1016, Canute memerintah dengan tangan besi namun juga bijaksana. Ia membentuk pemerintahan yang efektif dan mengambil tindakan tegas terhadap pemberontakan di kerajaannya. Namun, ia juga memberikan dukungan terhadap gereja dan mengurangi pajak untuk rakyatnya.

Canute yang Agung juga dikenal sebagai seorang pemimpin yang religius. Ia membangun gereja dan mendukung penyebaran agama Kristen di wilayahnya. Ia juga melakukan perjalanan ke Roma untuk bertemu dengan Paus, sebuah perjalanan yang menunjukkan hubungan yang baik antara Inggris dan Gereja.

Penguasa Canute wafat pada tahun 1035 dan tahta kerajaannya digantikan oleh putranya, Harold Harefoot. Namun, reputasi Canute sebagai seorang raja yang bijaksana dan religius tetap melegenda dan memengaruhi sejarah Inggris dan Denmark selama beberapa abad.

Dalam anime Vinland Saga, Canute yang Agung digambarkan sebagai seorang pemimpin yang tenang dan penuh perhitungan. Ia ingin membangun perdamaian dan persahabatan antara negara-negara tetangga, serta menciptakan masyarakat yang adil dan damai di dalam kerajaannya. Meskipun beberapa peristiwa dalam anime tersebut tidak sepenuhnya sesuai dengan catatan sejarah asli, namun karakter Canute yang Agung tetap memberikan gambaran tentang sosok sejarah yang penting dalam sejarah Eropa.

Baca Juga : Perkembangan Anime di Indonesia Hingga Kini

Tokoh Asli dalam Anime Vinland Saga Selain Raja Canute

Anime Vinland Saga mengambil latar belakang sejarah yang terjadi pada abad ke-11, khususnya di wilayah Skandinavia. Beberapa tokoh dalam anime ini merupakan tokoh sejarah yang benar-benar ada dalam catatan sejarah.

Thorfinn Karlsefni

thofrinn vinland saga

Thorfinn Karlsefni merupakan tokoh utama dalam anime Vinland Saga. Ia didasarkan pada sosok sejarah bernama Thorfinn Karlsefni, seorang Viking yang terkenal sebagai penjelajah dan kolonis Islandia. Ia memimpin ekspedisi ke Amerika Utara pada abad ke-11, yang merupakan salah satu perjalanan penjelajahan paling awal ke benua Amerika.

Leif Erikson (Pengikut Setia Ayah Thorfinn)

raja harald vinland saga

Leif Erikson juga muncul dalam anime Vinland Saga. Ia adalah seorang Viking terkenal yang memimpin ekspedisi ke Amerika Utara pada abad ke-11. Ia menjadi salah satu tokoh penting dalam sejarah penjelajahan Skandinavia dan membuka jalan bagi kolonisasi Skandinavia di Amerika Utara.

Harald Kesatria (Kakak Kandung Canute)

Harald Kesatria adalah tokoh dalam anime Vinland Saga yang terinspirasi dari sejarah. Ia didasarkan pada sosok sejarah bernama Harald Hardrada, seorang raja Norwegia yang juga dikenal sebagai seorang prajurit yang ulung. Ia memimpin serangan Viking ke Inggris pada abad ke-11 dan tewas dalam Pertempuran Stamford Bridge.

Meskipun beberapa peristiwa dalam anime Vinland Saga tidak sepenuhnya sesuai dengan catatan sejarah asli, namun kehadiran tokoh-tokoh sejarah asli dalam cerita memberikan nuansa sejarah yang kuat dan memperkaya pengalaman menonton bagi para penggemar anime.

Kesimpulannya, dalam anime Vinland Saga, penonton dapat menemukan beberapa tokoh sejarah asli yang terkenal pada abad ke-11 di Eropa Utara. Beberapa di antaranya adalah Canute yang Agung, Thorfinn Karlsefni, Leif Erikson dan King Harald. Meskipun beberapa peristiwa dalam cerita tidak sepenuhnya sesuai dengan catatan sejarah asli, namun kehadiran tokoh-tokoh sejarah asli memberikan nuansa sejarah yang kuat dan memperkaya pengalaman menonton bagi para penggemar anime. Hal ini menunjukkan bahwa anime dapat menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan sejarah dan tokoh-tokoh penting kepada khalayak yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *