Sejarah Perkembangan Epic Games di Dunia

Games737 Dilihat

Epic Games adalah salah satu perusahaan pengembang game terkemuka di dunia, yang telah menghasilkan banyak game populer seperti Fortnite, Unreal, dan Gears of War. Sejarah perkembangan Epicgames dimulai pada tahun 1991, ketika Tim Sweeney menciptakan game ZZT. Game ini menjadi sangat populer dan membuat Sweeney memutuskan untuk membentuk perusahaannya sendiri, yang diberi nama Epic MegaGames.

Pada tahun 1998, Epic MegaGames mengubah namanya menjadi Epicgames. Perusahaan ini terus menghasilkan game yang populer, seperti Unreal Tournament dan Unreal Engine, yang menjadi dasar bagi banyak game yang dibuat oleh pengembang game lain di seluruh dunia.

Pada tahun 2006, Epicgames merilis Gears of War, game aksi penembak orang ketiga yang sangat populer di Xbox 360. Gears of War menjadi game terlaris di tahun tersebut dan membantu meningkatkan profil Epic Games.

Namun, kesuksesan sebenarnya dari Epicgames datang dengan rilis Fortnite pada tahun 2017. Fortnite, game battle royale yang bisa dimainkan secara gratis, menjadi fenomena global dan menghasilkan miliaran dolar dalam pendapatan. Fortnite juga membantu Epicgames meningkatkan profilnya sebagai salah satu perusahaan game terbesar di dunia.

Seiring dengan kesuksesannya, Epicgames juga terus mengembangkan Unreal Engine, yang kini digunakan oleh banyak pengembang game besar di seluruh dunia. Epicgames juga telah meluncurkan toko game online, Epic Games Store, sebagai pesaing untuk platform seperti Steam.

Namun, Epicgames juga terlibat dalam kontroversi dengan Apple dan Google, setelah Fortnite dilarang dari App Store dan Google Play Store karena Epicgames melanggar kebijakan pembayaran in-app. Hal ini telah menyebabkan perseteruan antara Epic Games dan kedua perusahaan teknologi tersebut, dan saat ini masih dalam proses hukum.

Namun, kesuksesan Epicgames dan kontribusinya terhadap industri game tidak bisa disangkal. Epic Games terus mengembangkan teknologi dan game baru, dan menjadi salah satu perusahaan game yang paling dihormati di dunia.

Baca Juga : Daftar Anime Spring 2023 yang Wajib Ditonton

CEO dan Pendiri Epic Games

ceo epic games

CEO dan pendiri Epicgames adalah Tim Sweeney. Ia lahir pada tanggal 6 Oktober 1970 di Potomac, Maryland, Amerika Serikat. Sweeney memulai karirnya sebagai pengembang game ketika ia masih duduk di bangku kuliah di University of Maryland, di mana ia membuat game ZZT yang menjadi populer.

Setelah lulus kuliah pada tahun 1991, Sweeney mendirikan Epic MegaGames (yang kemudian menjadi Epic Games) dan terus mengembangkan game dan teknologi baru untuk industri game. Selama karirnya, Sweeney telah memimpin pengembangan beberapa game populer, termasuk Gears of War dan Fortnite.

Selain itu, Sweeney juga dikenal sebagai salah satu pengembang teknologi game terkemuka di dunia. Ia terus mengembangkan Unreal Engine, mesin game yang digunakan oleh banyak pengembang game besar di seluruh dunia. Unreal Engine telah menjadi landasan bagi banyak game AAA terkemuka, termasuk Fortnite, dan digunakan dalam industri film, televisi, dan arsitektur.

Sweeney juga dikenal sebagai pendukung yang vokal dari game terbuka dan persaingan yang sehat dalam industri game. Pada tahun 2018, ia mendirikan Epicgames Store sebagai pesaing untuk platform distribusi game lain seperti Steam, dengan tujuan memberikan lebih banyak pilihan untuk konsumen dan pengembang game.

Dalam industri game, Sweeney dihormati sebagai salah satu tokoh terpenting dan inovatif, yang telah berkontribusi secara signifikan pada perkembangan teknologi game dan game populer.

Baca Juga : Apakah Menonton Anime Membatalkan Puasa?

Fakta Menarik Tentang Epicgames

list epic game

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Epicgames:

  • Awalnya, Epic Games bernama Epic MegaGames, dan didirikan pada tahun 1991 oleh Tim Sweeney.
  • Epic Games menciptakan Unreal Engine, salah satu mesin game paling populer di dunia, yang digunakan oleh banyak pengembang game besar.
  • Fortnite, game battle royale yang dirilis pada tahun 2017, menjadi salah satu game paling populer dan menghasilkan miliaran dolar dalam pendapatan.
  • Epic Games Store, toko game online yang diluncurkan oleh Epic Games pada tahun 2018, menawarkan persentase royalti yang lebih baik untuk pengembang game daripada platform pesaing seperti Steam.
  • Epicgames memiliki kantor di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan Korea Selatan.
  • Epicgames juga memproduksi film, termasuk film animasi yang dirilis pada tahun 2019, berjudul “Fortnite: The Movie”.
  • Epicgames juga aktif dalam pengembangan teknologi yang lebih luas, termasuk teknologi kecerdasan buatan, pengolahan bahasa alami, dan teknologi grafis.
  • Pada tahun 2020, Epic Games meluncurkan kampanye “Free Fortnite” sebagai protes terhadap kebijakan App Store Apple yang dianggapnya sebagai monopoli.
  • Epicgames telah memberikan dukungan finansial dan teknis untuk pengembang game independen melalui program “Epic MegaGrants”.

Epic Games juga berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan dan telah memperkenalkan inisiatif untuk mengurangi dampak lingkungan dari bisnis mereka, termasuk dengan mengadopsi energi terbarukan dan menjalankan program daur ulang.

Perkembangan Epicgames di Indonesia

Epic Games adalah salah satu perusahaan game terbesar di dunia yang telah lama hadir di Indonesia. Epic Games memiliki sejarah panjang dalam berkolaborasi dengan pengembang game di Indonesia dan memberikan dukungan untuk industri game di negara tersebut.

Salah satu kontribusi utama Epic Games di Indonesia adalah melalui Unreal Engine, mesin game terkenal yang digunakan oleh banyak pengembang game di seluruh dunia. Unreal Engine telah membantu banyak pengembang game Indonesia untuk menciptakan game berkualitas tinggi dengan grafik yang memukau dan gameplay yang menarik.

Epic Games juga memiliki kantor di Asia Tenggara, termasuk di Singapura, yang berfungsi sebagai pusat operasi untuk wilayah ini. Melalui kantor ini, Epic Games telah memberikan dukungan teknis dan finansial kepada pengembang game di Indonesia melalui program Epic MegaGrants.

Selain itu, Epic Games Store, toko game online yang diluncurkan oleh Epic Games pada tahun 2018, juga tersedia di Indonesia dan telah memberikan alternatif untuk pengembang game di Indonesia untuk merilis game mereka.

Pada tahun 2019, Epic Games juga menjadi sponsor utama untuk acara Game Prime, salah satu acara game terbesar di Indonesia yang dihadiri oleh ribuan pengembang game dan pemain. Melalui sponsor ini, Epic Games memberikan dukungan untuk industri game Indonesia dan memperkenalkan produk dan layanan mereka kepada pengembang game Indonesia.

Secara keseluruhan, Epic Games telah memberikan kontribusi yang signifikan untuk perkembangan industri game di Indonesia, melalui mesin game Unreal Engine, program dukungan seperti Epic MegaGrants, dan kehadiran mereka di acara game dan pasar game Indonesia.

Baca Juga : Daftar Manga Best Seller Terbanyak di Dunia

Daftar Games Favorit Epic Games di Dunia

epicgames list

Berikut adalah beberapa game favorit yang diproduksi atau diterbitkan oleh Epic Games di seluruh dunia:

  • Fortnite: Game battle royale yang menjadi sangat populer sejak dirilis pada tahun 2017. Fortnite telah diunduh lebih dari 350 juta kali dan dianggap sebagai salah satu game paling sukses dalam sejarah.
  • Gears of War: Game shooter third-person yang awalnya dirilis untuk Xbox 360 pada tahun 2006. Game ini telah menghasilkan beberapa sekuel dan spin-off dan menjadi salah satu franchise game paling terkenal di dunia.
  • Unreal Tournament: Game shooter first-person yang dirilis pertama kali pada tahun 1999 dan telah menjadi salah satu game paling populer di dunia. Unreal Tournament terus mendapatkan penggemar setia meskipun tidak ada seri terbaru yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir.
  • Infinity Blade: Game mobile yang sangat sukses yang dirilis pada tahun 2010 dan dianggap sebagai salah satu game mobile paling terkenal di dunia. Infinity Blade telah menghasilkan beberapa sekuel dan menjadi salah satu game mobile paling populer di App Store.
  • Shadow Complex: Game action-platformer yang dirilis pada tahun 2009 untuk Xbox 360 dan kemudian untuk PC. Game ini dianggap sebagai salah satu game terbaik di kelasnya dan menjadi pemenang penghargaan dari berbagai organisasi game.
  • Bulletstorm: Game shooter first-person yang dirilis pada tahun 2011 dan dikenal karena gameplay yang unik dan kreatif. Game ini juga menerima banyak pujian dari kritikus game dan menjadi salah satu game terbaik di tahun tersebut.
  • Paragon: Game MOBA yang dirilis pada tahun 2016 dan menggabungkan genre MOBA dengan aksi yang cepat dan grafik yang indah. Meskipun tidak berlangsung lama, game ini mendapatkan banyak penggemar dan penghargaan.
  • Jazz Jackrabbit: Game platformer yang dirilis pada tahun 1994 dan menjadi salah satu game klasik yang paling dicintai. Jazz Jackrabbit dikenal karena grafik yang indah, musik yang ceria, dan gameplay yang menyenangkan.
  • SpyJinx: Game mobile yang masih dalam pengembangan dan akan dirilis dalam waktu dekat. Game ini dianggap sebagai salah satu game mobile yang paling ambisius dan menjanjikan yang pernah dibuat.
  • Fortnite Save the World: Mode campaign dari Fortnite yang tidak sepopuler mode battle royale, namun tetap menjadi favorit penggemar. Mode ini menawarkan gameplay co-op dan aksi yang menarik dan dianggap sebagai salah satu mode kampanye terbaik dalam game online.

Cara Membeli Game Resmi di Epicgames

Berikut adalah langkah-langkah cara membeli game resmi di Epic Games:

  • Buka situs resmi Epic Games di https://www.epicgames.com/store/ atau unduh aplikasi Epic Games Store di PC atau perangkat mobile.
  • Jika belum memiliki akun, klik tombol “Daftar” dan ikuti instruksi untuk membuat akun baru. Jika sudah memiliki akun, klik tombol “Masuk” dan masukkan email dan kata sandi Anda.
  • Setelah masuk ke akun Anda, cari game yang ingin Anda beli menggunakan fitur pencarian atau jelajahi game yang tersedia di Epic Games Store.
  • Setelah menemukan game yang diinginkan, klik gambar game atau judulnya untuk melihat detail game dan harga.
  • Jika sudah yakin untuk membeli, klik tombol “Beli Sekarang” dan masukkan informasi pembayaran seperti nomor kartu kredit atau metode pembayaran lain yang didukung.
  • Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran dan konfirmasi pesanan Anda.
  • Setelah pembayaran selesai, game akan secara otomatis ditambahkan ke perpustakaan game Anda di Epic Games Store.
  • Unduh dan instal game menggunakan aplikasi Epic Games Store dan nikmati game yang baru saja dibeli.

Itulah langkah-langkah sederhana untuk membeli game resmi di Epicgames. Selalu pastikan bahwa game yang dibeli dari Epic Games adalah game resmi dan bukan versi bajakan untuk mendukung industri game yang adil dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *