Denuvo Berencana Rilis Benchmark untuk Buktikan DRM Mereka Tak Pengaruhi Performa Port PC

Games319 Dilihat

Denuvo Berencana Rilis Benchmark – Kualitas port game di PC mengalami penurunan yang signifikan sepanjang tahun 2023. Tidak lagi menjadi kejutan ketika game terbaru, terutama yang diproduksi oleh studio AAA, dirilis dengan kondisi yang tidak stabil atau bahkan tidak dapat dimainkan. Hal ini tentu membuat para gamer PC merasa kecewa dan mempertanyakan apa yang sebenarnya terjadi.

Denuvo, sebuah program proteksi anti-pembajakan, sering kali disalahkan sebagai salah satu penyebabnya. Tidak mengherankan melihat banyak port PC yang bermasalah ini menggunakan proteksi Denuvo, seperti Star Wars Jedi: Survival, Redfall, Forsaken, Hogwarts Legacy, dan sebagainya.

Asumsi ini telah merusak reputasi Irdeto, perusahaan di balik Denuvo. Sebagai tanggapan, perusahaan tersebut telah mencoba membantah asumsi tersebut beberapa kali.

Denuvo Berencana Mengeluarkan Benchmark Khusus untuk Membuktikan bahwa DRM Mereka Tidak Mempengaruhi Performa

Denuvo Ingin Rilis Benchmark Khusus untuk Buktikan DRM Mereka Tak Pengaruhi Performa

Denuvo Ingin Rilis Benchmark Khusus untuk Buktikan DRM Mereka Tak Pengaruhi Performa

Dalam wawancara dengan Ars Technica, CEO Irdeto divisi video game, Steve Huin, menyatakan bahwa banyak perbandingan yang beredar di internet yang menyebutkan bahwa versi bajakan selalu memiliki performa yang lebih baik daripada versi original adalah klaim yang tidak akurat.

Menurutnya, perbandingan tersebut seringkali dilakukan antara dua versi yang berbeda. Perbedaan versi yang bisa mencapai 6 bulan membuat perbandingan antara versi bajakan dan versi original menjadi tidak adil, karena bisa saja ada perbaikan bug atau glitch yang mempengaruhi performa game pada versi original yang lebih baru.

Baca Juga

Namun, sekadar berbicara tidak membuktikan apa pun, terutama karena reputasi perusahaan telah rusak dan tidak ada yang lagi mempercayai klaim mereka. Oleh karena itu, mereka ingin membuktikan secara langsung bahwa Denuvo tidak mempengaruhi performa game dengan merilis program benchmark khusus.

Irdeto berencana memberikan dua versi game yang menggunakan program anti-pembajakan mereka kepada media, satu versi dengan Denuvo dan satu versi tanpa proteksi. Para jurnalis dan reviewer teknologi dapat menguji langsung bahwa performa game tidak terpengaruh oleh keberadaan DRM.

Rencananya, ini akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan dan tentu saja tidak akan dibagikan secara publik, karena dapat membuka celah bagi munculnya versi bajakan.

Performa Versi Bajakan Dianggap Lebih Baik dari Versi Original

Denuvo

Denuvo

Meskipun tujuannya adalah untuk mencegah pembajakan, banyak game yang menggunakan Denuvo akhirnya berhasil dibobol oleh beberapa grup pembajak seperti CPY, Codex, dan Empress yang masih aktif hingga saat ini.

Versi bajakan Resident Evil Village menjadi perbincangan di internet karena dianggap memiliki performa yang lebih baik daripada versi original, dengan sedikit stuttering dan waktu loading yang lebih singkat.

Reaksi yang sama terjadi ketika versi bajakan Hogwarts Legacy muncul, juga oleh Empress. Versi bajakan ini dianggap lebih stabil, dengan stuttering yang lebih sedikit, dan waktu loading yang lebih singkat.

Beberapa media telah mencoba melakukan perbandingan sendiri, seperti PC Gamer yang menguji Final Fantasy 15. Mereka menyimpulkan bahwa performa game hampir tidak ada perbedaan, tetapi waktu loading lebih cepat setelah Denuvo dihapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *