Studio Ini Membuat Game Berbasis Iklan Game Mobile yang Muncul di Internet

Games588 Dilihat

Game Berbasis Iklan – Seringkali saat melakukan browsing online, baik itu saat menggulir di media sosial atau menonton video, kita seringkali menemui iklan game mobile yang terlihat sederhana namun menarik dari segi gameplay.

Namun, ketika kita membuka halaman game yang terkait, kita akan menemukan bahwa game tersebut justru berbeda dengan apa yang diiklankan. Fenomena ini telah menjadi tren dan menyebar ke berbagai game mobile lainnya.

Dapat dikatakan bahwa trik iklan dengan gameplay palsu ini berhasil menarik perhatian orang untuk mengunjungi dan bahkan mengunduh game tersebut.

Studio Ini Membuat Game Berbasis pada Kumpulan Iklan Game Mobile yang Muncul di Internet

Studio Ini Buat Game Berbasis Kumpulan Iklan Game Mobile yang Muncul di Internet

Studio Ini Buat Game Berbasis Kumpulan Iklan Game Mobile yang Muncul di Internet

Mungkin karena merasa kesal dengan banyaknya iklan palsu tersebut, seorang pengembang indie merilis game yang berisi kumpulan minigame berdasarkan iklan-iklan palsu yang beredar di internet.

Game ini diberi nama ‘YEAH! YOU WANT “THOSE GAMES,” RIGHT? SO HERE YOU GO! NOW, LET’S SEE YOU CLEAR THEM!’ atau disingkat menjadi YYWTGRSHYGNLSYCT. Game ini merupakan game satir yang dirilis di platform Steam dengan tujuan memberikan pengalaman kepada para pemain dalam memainkan game-game palsu yang diiklankan di internet.

Game ini dikembangkan oleh Monkeycraft, sebuah studio yang juga mengembangkan beberapa port PC termasuk Katamari Damaci. Game ini menggunakan karakter stickman dan setiap permainan akan memberikan kesempatan kepada pemain untuk memutar mesin gacha dalam game.

Game ini dijual dengan harga Rp90.999 di Steam, dan apakah harga tersebut benar-benar sebanding dengan kumpulan minigame yang terinspirasi dari iklan palsu, itu menjadi keputusan masing-masing.

Baca Juga

Fenomena Gameplay Palsu dalam Iklan Game Mobile

Parodi Iklan Game Mobile

Parodi Iklan Game Mobile

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gameplay palsu dalam iklan game mobile bukanlah hal baru. Pada masa lalu, seringkali muncul iklan yang menampilkan adegan cutscene CGI dengan seseorang yang terlihat sedang bermain dengan asik. Namun, game aslinya tidaklah seperti yang dipromosikan, tetapi tetap berhasil meningkatkan tingkat unduhan game tersebut.

Secara perlahan namun pasti, pengguna internet mulai merasa jenuh dengan iklan gameplay CGI tersebut, sehingga tren tersebut mulai menghilang sedikit demi sedikit. Namun, kini muncul tren serupa dengan premis yang lebih sederhana, menampilkan skenario yang mungkin saja merupakan gameplay asli karena terlihat seperti gameplay game casual biasa.

YEAH! YOU WANT “THOSE GAMES” RIGHT? SO HERE YOU GO! NOW LET’S SEE YOU CLEAR THEM!

YEAH! YOU WANT “THOSE GAMES” RIGHT? SO HERE YOU GO! NOW LET’S SEE YOU CLEAR THEM!

Gameplay ini umumnya melibatkan melarikan diri dari kastil dengan melakukan kalkulasi matematika sederhana, menarik besi agar cairan lava mengalir, atau menggambar bentuk agar lebah tidak menyengat seekor anjing.

Namun, bahkan dengan gameplay yang sederhana tersebut, ternyata game yang diiklankan tidaklah seperti yang ditampilkan dalam iklan. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa tidak dibuat sesuai dengan iklan dan mengapa tidak menggunakan gameplay yang sesungguhnya dari game yang diiklankan.

Tinggalkan Balasan